Update WordPress terbaru 5.2 telah rilis.

Pada tanggal 7 Mei 2019 ini, wordpress telah melakukan rilis pada update terbarunya yaitu wordpress 5.2 “Jaco”.

Nama Jaco dipilih untuk menghormati bassis jazz terkenal dan revolusioner bernama Jaco Pastorius.

WordPress versi 5.2 sendiri memiliki fitus-fitus baru yang membuatnya lebih mudah untuk memperbaiki situs wordpress jika terjadi kesalahan.

Bahkan ada alat yang lebih kuat untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah konfigurasi dan kesalahan fatal.

Tentunya hal ini akan membantu anda sebagai seorang pengembang situs untuk klien atau untuk anda yang seorang blogger dengan basis wordpress.


Apa saja yang diperbarui dalam wordpress 5.2 ini?

Pemeriksaan kesehatan situs.

Sebenarnya fitus kesehatan situs ini sudah diperkenalkan pada wordpress versi 5.1, namun dalam rilis ini, ada penambahan 2 halaman baru untuk membantu dalam mendebug masalah konfigurasi umum.

Hal ini juga sebagai ruang dimana pengembang dapat memasukkan informasi debug untuk pengelola situs.

Perlindungan kesalahan PHP

Pembaharuan yang berfokus pada administrator ini akan memungkinkan anda untuk memperbaiki atau mengelola kesalahan fatal.

Ini adalah fitur yang lebih baik ketimbang tampilan layar putih dengan tulisan “Error establishing a database connection” atau sejenisnya.

Fitur ini memungkinkan anda untuk masuk ke mode pemulihan yang menonaktifkan plugin atau tema yang menyebabkan kesalahan.

Mirip safe mode pada windows.


Pembaruan lainnya

Selain 2 pembaruan utama diatas, ada juga pembaruan lainnya yang bisa dinikmati oleh pengguna awam dari WordPress 5.2 terbaru ini seperti:

Pembaruan aksesibilitas

Sejumlah pembaruan bekerja bersama untuk meningkatkan kesadaran kontekstual dan aliran navigasi keyboard untuk mereka yang menggunakan pembaca layar atau teknologi bantu lainnya.

Ikon Dashboard baru

13 ikon baru (termasuk Instagram). Ikon untuk Buddypress dan ikon bumi yang berputar untuk inklusi global. Temukan semua ikon baru itu di dasbor WordPress anda.

Pengecekan kompatibilitas plugin

WordPress terbaru ini akan secara otomatis menentukan apakah versi PHP situs anda kompartibel atau tidak dengan plugin yang ingin diinstal.

Jika plugin membutuhkan versi PHP yang lebih tinggi daripada yang situs anda gunakan, wordpress tidak memberikan anda kekuasaan mengaktifkannya untuk mencegah terjadinya kesalahan kompatibilitas.

Pembaruan untuk pengembang

Oke, jika diatas adalah pembaruan untuk semua orang yang menggunakan WordPress, maka sekarang adalah pembaruan yang dikhususkan untuk pengembang dari situs, plugin dan tema WordPress.

Versi PHP Minimum

Versi PHP minimum yang didukung sekarang pada wordpress 5.2 adalah PHP 5.6.20. Jadi jika PHP yang digunakan pada situs kelola anda dibawah itu, diharapkan untuk melakukan update PHP terlebih dahulu barulah melakukan update WordPress ke 5.2

Pembaruan privasi

Template halaman tema baru, fungsi bersyarat dan 2 kelas CSS membuat, merancang dan menyesuaikan halaman kebijakan privasi lebih mudah

Hook Body baru

WordPress 5.2 memperkenalkan kaitan baru untuk wp_body_open, yang mana memungkinkan tema mendukung kode injeksi tepat di awal elemen <body>

Membangun javascript

Dengan tambahan konfigurasi webpack dan babel dalam paket wordpress/script, pengembang tidak perlu khawatir tentang menyediakan alat membangun kompleks untuk menulis javascript modern.

Nah, bagaimana? apakah pembaruan diatas siap diterapkan pada situs anda?

Mohon diingat sekali lagi, WordPress 5.2 hanya mendukung versi PHP minimal 5.6.20 atau lebih baru, jika anda menggunakan versi PHP dibawah itu, cobalah untuk melakukan update PHP terlebih dahulu sebelum malakukan update wordpress ke 5.2

Jika anda sudah mencoba update dan mengalami masalah, atau ada pendapat tentang wordpress 5.2 ini. Silahkan bagikan pengalaman anda tersebut di kolom komentar untuk berbagi kepada pembaca-pembaca lainnya.

Komentar